Diserang Blue Fantasy

Hari sial dapat datang kapan saja. Senin lalu, untuk mengatasi listrik yang gonjang-ganjing kucoba menyiasati dengan membeli mesin diesel. Namun ternyata, usaha tersebut sia-sia. Maklum, tidak mengerti mekanik sedikit pun. Jadi tidak tahu, apakah spek yang didapat memadai. Setelah mencoba beberapa kali, Ampere dinamo tidak pernah naik dari 210. Padahal komputerku meminta paling sedikit 230. Akibatnya, fatal. Setelah 4 kali gagal dihidupkan, komputer pun berulah. Terpaksa waktuku habis sia-sia lebih kurang 3 jam untuk menginstall ulang vista.

Setelah vista terinstall kembali, rasa-rasanya sudah normal. Namun cobaan itu, belum berakhir. Jam 5 sore, ada yang datang membawa flash disk. Dan akhirnya, masuklah 81u3f4nt45sy. Worm 32 Blue Fantasy ini memiliki 3 file yaitu thumbs.db, thumbs.com dan autorun.inf. Otomatis ya masuklah virus ini dan mengkopikan ke 3 file tersebut ke drive e: dan drive d: komputerku. Selanjutnya worm tersebut memodifikasi atribut folder pada kedua drive menjadi hidden dan memanipulasi nama folder tersebut untuk penyebaran worm dengan membuat file baru dengan nama folder lama + .scr.

Wormnya seperti yang kugoogling tidaklah berbahaya. Namun tentu tidak menyamankan. Untung saja saat dibuka Task Manager pada bagian proses ada Adobe Online. Langsung kukill. Tapi Adobe Update tidak ketemu. Selanjutnya pada System Configuration Utiliy, pada bagian start up, langsung diuncheck Adobe Update dan Adobe Online.

Proses selanjutnya, mengakses menu Folder Options pada Appearance and Personalization untuk menampilkan hide file dan menampilkan extension file.
Seterusnya masuk ke CMD Run Command.
Mulailah pembersihan :
del "My Music.scr" /f
dst ......
del /a:h "thumbs.com" /f
del /a:h "autorun.inf" /f
del /a:h "thumbs.db" /f

Selanjutnya, klik kanan folder yang dihiddenkan, unhide dengan opsi apply to folder and subfolder.

Tampaknya udah beres. Tapi masih ada masalah dengan registry. Untung ada vista manager dan coba fix 'kan.

Komentar

Top Searching

Postingan Populer