Rusli Zainal (RZ MM) diperkirakan menang

Hasil Quick Count LSI menempatkan Rusli Zainal sebagai calon Gubernur Riau mendatang. Kemenangan ini sudah banyak diperkirakan orang, karena Rusli Zainal memiliki banyak kelebihan dibandingkan calon-calon lainnya: 1. Lebih Populer
Dibandingkan calon-calon lain, RZ memiliki frekuensi tampil di TV nasional lebih besar daripada pasangan lain. Menjadi khatib pada peringatan keagamaan nasional, membuka FFI dan sederet kegiatan lain yang diliput oleh TV nasional, yang menjadi satu-satunya sarana hiburan utama terutama oleh masyarakat pedesaan. Sebaliknya, kedua pasangan pesaing boleh dikatakan hanya tampil di TV lokal yang baru dapat diakses di ibukota provinsi dan di surat kabar yang hanya dibaca oleh sebagian kecil masyarakat Riau. Oleh karenanya, kenapa masyarakat harus memilih orang yang tidak dikenal?
2. Incumbent dengan kekurangan yang tipis.
Rusli Zainal dapat menjaga posisi pertumbuhan ekonomi Riau yang cukup drastis,sedangkan skandal-skandal yang menindas rakyat kecil di Riau boleh dikatakan hampir tidak ada. Oleh karenanya, kenapa mengambil resiko memilih orang baru yang belum jelas kebijakannya?
3. Sharing posisi yang adil.
Meskipun saat baru menjabat Rusli Zainal mengadakan pergantian kabinet, namun dalam kabinet yang diadakannya hampir semua wilayah Riau terwakili. Era kemundurannya, gubernur yang baru mengadakan kebijakan yang menghebohkan. Oleh karenanya, seperti masyarakat Peranap yang meskipun berada di Indragiri Hulu yang saat ini memiliki wakil yang maju menjadi pesaing Rusli, mayoritas masyarakat masih memilih Rusli karena berharap di bawah Rusli masih ada representasi wakil Peranap di Provinsi. Oleh karenanya, kenapa harus memilih kandidat yang belum tentu mampu menampung representasi daerahnya?
4. Dukungan emosional.
Masing-masing calon didukung kuat dari daerah asalnya. Dari segi komposisi penduduk, daerah asal Rusli lebih padat. Dan masyarakat daerah asalnya, tentu tidak akan sampai hati, kenapa harus memilih orang lain?

Kekalahan Rusli
Di beberapa daerah Rusli Zainal mengalami kekalahan cukup telak, yakni:
Daerah yang dihambat pemekarannya
Partai Golkar yang mendominasi daerah yang ingin mekar dianalogikan sebagai partai penghambat pemekaran. Oleh karenanya, kenapa harus memilih calon dari golkar?

Komentar

Top Searching

Postingan Populer