Setiap saat, ada saja file-file sisa yang tidak diperlukan di dalam disk kita. Jika dibiarkan, disk kita akan penuh dengan file-file yang tidak perlu. Jika menghapus satu per satu tentu melelahkan. Apa akal?

BleachBit

Bleachbit adalah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk menghapus file-file sampah dalam mesin kita. Aplikasi ini, sebagaimana banyak aplikasi lain di linux, gratis.

Instalasi

Buka terminal dan ketik sudo apt-get install bleachbit.

Cara Akses

Di Linux Cinnamont, setelah instalasi selesai, aplikasi ini tersedia di kategori Administrasi dengan nama BleachBit. Ada dua versi, salah satunya (As Root).

Cara Pakai

Pertama kali, BleachBit digunakan akan tampil jendela preferensi. Hal paling penting di sini adalah pilihan bahasa. Pastikan bahasa Inggris (en) dan bahasa Indonesia (id) tercentang aktif.

Setelah jendela preferensi tertutup, kita masuk ke jendela normal BleachBit.

Di bawah menu bar, ada tab Pratinjau dan Bersihkan.

Di bawahnya, ada sidebar kiri berisi operasi yang akan kita lakukan. Centang aja semua, atau sesuai kebutuhan anda.

Setelah mencentang operasi yang diinginkan, click pratinjau. Tampil semua file yang akan dihapus. Jika setuju, klik Bersihkan.

Dalam operasi sistem Lokalisasi Bahasa yang mengaktifkan preferensi en dan id, saya menghemat sekitar 1/4 GB dengan menghapus lokalisasi bahasa dari bahasa-bahasa yang kecil kemungkinan saya gunakan.

Update

Aplikasi ini ternyata menimbulkan masalah performance. Lihat penyebab hilangnya ruang kosong disk pada linux

blog comments powered by Disqus

Nusantara